ss

Konfigurasi System Variable Java dan Windows Path

Setelah kita berhasil menginstall JDK / JRE, maka kita harus menge-set JAVA system variable windows path agar environment java kita bisa bisa dikenali secara otomatis.

Yang kita perlukan adalah mengatur variable di jendela System Properties. Kita bisa mengakses jendela ini melalui Start à Control Panel à System atau Start à Setting à Control Panel à System (windows classic menu). Pilih tab Advanced System Setting dan click tombol Environment Variable.



Kita juga bisa merubahnya dari menu Advanced System Setting, dengan cara dari icon MyComputer klik kanan lalu pilih properties, maka akan tampil jendela berikut.

 Pilih Advanced system settings, maka akan muncul jendela System Properties seperti terlihat di bawah. Langkah selanjutnya adalah memilih environment variable yang berada di tab Advanced.

Tambahkan variable JAVA_HOME dan PATH sehingga terlihat seperti settingan pada jendela Environment variable di bawah.
 

Table berikut ini menunjukkan nilai dari variable Java System dan windows path dari pengaturan jendela Environment Variable:

No
Variable
Value
1.
JAVA_HOME
C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_14
2.
PATH
%JAVA_HOME%\bin; %JAVA_HOME\jre\bin\client

Setelah selesai, klik tombol oke. Saat ini environment java di system windows anda sudah berjalan dengan sempurna, dan untuk aplikasi yang memerlukan java environment akan dapat langsung di jalankan..

Created by : Sumadi Eko Putra

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Konfigurasi System Variable Java dan Windows Path"

Posting Komentar